Skema metabolisme bilirubin

Basil yang tertelan menyerang mukosa usus halus, kemudian dibawa oleh makrofag ke kelenjar limfe regional, lalu berkembang biak selama minggu masa inkubasi.

Pasien dengan hepatitis alkoholik umumnya memiliki rasio AST: Pada gambar 1 dapat dilihat skema metabolisme tersebut. Jumlahnya darah yang lewat skema portal hepatic dengan volume yang besar membuat sel kupffer dapat bersihkan darah dalam ukuran besar dengan amat cepat.

Bilirubin adalah pigmen kristal berbentuk jingga skema metabolisme bilirubin yang merupakan bentuk akhir dari pemecahan katabolisme heme melalui proses reaksi oksidasi-reduksi.

METABOLISME PORFIRIN DAN SINTESIS HEME Ema Qurnianingsih, dr., M.Si

Syndroma Crigler Najjar II, merupakan kasus yang lebih ringan dari tipe I, karena kerusakan pada isoform glukoronil transferase II, didapati bilirubin monoglukoronida terdapat dalam getah empedu.

Bilirubin ditransfer melalui membran sel ke dalam hepatosit sedangkan albumin tidak. Retensi bilirubin menyebabkan hiperbilirubinemia campuran. Pasien dengan proses kolestatik memiliki kenaikan yang tidak proporsional dalam ALP dibandingkan dengan aminotransferase.

Pembagian yang baru menambahkan 2 fase lagi sehingga tahapan metabolisme bilirubin menjadi 5 fase, yaitu: Duktus sistikus dan hepatikus komunis bergabung membentuk duktus biliaris. Penyebab Penyebab ikterus pada bayi baru lahir dapat berdiri sendiri ataupun dapat disebabkan oleh beberapa factor.

Tiap lobus tersusun atas unit-unit kecil yang disebut lobulus. Ringkasan Patologi Anatomi. Hyperbilirubinemia with other liver test abnormalities a. Riwayat Penyakit Sebuah riwayat medis lengkap adalah bagian terpenting dari evaluasi pasien dengan penyakit kuning yang tidak dapat dijelaskan. Dalam beberapan keadaan reaksi ini hanya menghasilkan bilirubin monoglukoronida, dengan bagian asam glukoronik kedua ditambahkan dalam saluran empedu melalui system enzim yang berbeda, namun reaksi ini tidak dianggap fisiologik Sulaiman, Batu empedu dapat terbentuk di dalam kandung empedu dan bila ini menyumbat saluran hepatic atau saluran empedu umum, empedu tidak dapat keluar dari hati dan terjadi icterus karena obstruksi.

Metabolisme Bilirubin

Merupakan salah sate penyimpanan darah utama, dimana jika terjadi perdarahan dalam sistim sirkulasi sebahagian besar darah normal di sinusoid hati mengalir ke sirkulasi untuk membantu mengembalikan darah yang hilang. Pencegahan dengan sanitasi yang baik dan vaksinasi Soedarto, Atau bisa diartikan lain, Kandung Empedu adalah sebuah Kantong berbentuk terung dan merupakan membran berotot.Peranan bilirubin dalam empedu merupakan produk dari pencernaan hati atas sel darah merah yang terpakai.

Sel kupffer dalam hati tangkap serta merusak sel darah merah yang tak akan diperlukan ke hepatocytes. Hepatocytes lalu lakukan metabolisme hemoglobin, pigmen sel darah merah yang membawa oksigen ke komponen heme serta globin.

Metabolisme bilirubin diawali dengan reaksi proses pemecahan heme oleh enzim hemoksigenase yang mengubah biliverdin menjadi bilirubin oleh enzim bilirubin reduksitase. Sel retikuloendotel membuat bilirubin tak larut air, bilirubin yang sekresikan ke dalam darah diikat albumin untuk diangkut dalam plasma.

Hepatosit adalah sel yang dapat melepaskan ikatan, dan mengkonjugasikannya dengan Author: MY POSTING. Bilirubin tak terkonjugasi (hematobilirubin) merupakan bilirubin bebas yang terikat albumin, bilirubin yang sukar larut dalam air sehingga untuk memudahkan bereaksi dalam pemeriksaan harus lebih dulu dicampur dengan alkohol, kafein atau pelarut lain sebelum dapat bereaksi, karena itu Author: Melatinugraheni.

Dari skema ini menunjukan mekanisme pembentukan dan eksresi Bilirubin dalam empedu yaitu bila sel darah merah habis masa hidupnya ( hari) maka menjadikannya tidak bertahan lama dalam system sirkulasi, kemudian membran selnya pecah dan hemoglobin yang terlepas difagisotosis oleh jaringan makrofag (system retikulo endothelia) di seluruh tubuh.

HEPATITIS A

Pecahan ini menjadi globin dan heme, Author: Heni Cahyati. Bilirubin tak terkonjugasi berikatan dengan albumin dan ditranspor melalui darah, lalu diabsorbsi oleh hati. Di hati, bilirubin dilepas dari albumin dan dikonjugasi dengan asam glukuronat, dan sebagian dikonjugasi dengan sulfat.

Dalam bentuk konjugasi inilah, bilirubin diekskresi dalam empedu ke dalam usus. Dai usus, bilirubin terkonjugasi diubah menajdi menjadi urobilinogen (Guyton, ).

Gambar 3 berisi daftar skema bagi klasifikasi umum jaundice: pre-hepatik, hepatik dan post-hepatik. Jaundice obstruktif selalu ditunjuk sebagai post-hepatik sejak defeknya terletak pada jalur metabolisme bilirubin melewati hepatosit. Bentuk lain jaundice ditunjuk sebagai jaundice non-obstruktif.

Bentuk ini akibat defek hepatosit (jaundice hepatik) atau sebuah kondisi pre-hepatik. DIAGNOSIS.

Skema metabolisme bilirubin
Rated 5/5 based on 1 review